Pityriasis Rosea saat hamil

Screenshot_2014-06-01-07-46-04Nggak seperti hamil Kheif dulu yang sepanjang kehamilan gw batuk pilek on and off melulu, hamil kedua ini Alhamdulillah lebih badak. Mual muntahnya sih tetep sama ya. Tapi Alhamdulillah belum (semoga tidak) pernah batuk pilek flu ataupun demam. Padahal load kerjaan dulu sama sekarang beda banget. Dulu kerjaan santai, sore udah di rumah, ga ada lembur maupun macet macetan di jalan sampe malam hari. Sedangkan sekarang, kebalikannya 180 derajat.

Tapi ternyata yang namanya kekebalan tubuh saat hamil itu memang menurun ya. Di kehamilan kedua ini gw terkena Pityarisis Rosea 2 kali!

Pertama kali di akhir trimester 1 dan awal trimester 2.

Gejalanya spt apa?

Awalnya cuma gatel aja di bagian seputar abdomen tertentu. Gw pikir wajar kali mungkin gw pulang malem udah kecapean trus gak mandi dan jadi gatel gatel deh. hihi jorok ya.

Tapi ketika muncul bintik bintik merah baru deh parno. Takutnya kena campak/cacar air dsb. Dan semakin banyak bintik merahnya semakin gatel rasanya.

Ciri khas Pityriasis Rosea ini adalah ada satu bintik merah yang paling besar yang mana ini bisa dikatakan induk-nya. Setelah itu baru muncul bintik-bintik yang lebih kecil di sekitar dada, punggung, lengan, dan sedikit paha. Jarang sekali muncul di wajah maupun kaki. Bintik merahnya kering, gak basah spt cacar (CMIIW belom pernah kena soalnya).

Nanya ke tante yang dokter kulit ternyata gw kena Pityarisis Rosea sejenis virus yang menyerang jika daya tahan tubuh menurun. Dan katanya nanti akan hilang dengan sendirinya.

Setelah googling sana sini akhirnya gw putuskan untuk mengganti sabun mandi dengan yang lebih mild dan mengoleskan caladine cair setiap hari. dan bener aja setelah beberapa minggu akhirnya hilang sendiri.

Tapii..beberapa minggu setelahnya kok ya dateng lagi. Why oh why?

Akhirnya gw pun beneran dateng ke dokter kulit langganan di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Dan menurut dokter memang bisa kambuh lagi selama daya tahan tubuh sedang menurun. Dokterpun meresepkan salep racikan yang aman untuk ibu hamil. Yang akhirnya gw pake bergantian dengan Caladine cair.

Oh ya, gw juga sempet datengin obgyn gw loh saking parnonya. Ternyata si baby baik baik aja Alhamdulillah. dan beberapa minggu kemudian membaik dan hilang. BHAY jangan balik lagi yak.

Alhamduliilah oles oles Caladine cair bisa digantikan dengan oles oles lotion pencegah strechmarks 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s