Perawatan kulit Atopik Dermatitis

Oke lanjut nih. Klo sebelumnya udh ngebahas keadaannya kheif,skrg aku mau sharing apa-apa aja perawatan yang aku lakukan buat nyembuhin AD. Well,ga bs dibilang nyembuhin juga sih. Karena pada kenyataannya kheif masih AD. Dan menurut yg aku baca biasanya AD baru hilang setelah anak berumur diatas 3th, atau bahkan tetap ada yg bertahan sampai dewasa. Duh,semoga kheif cpt sembuh ya.

Oke. Dari yg aku baca,perawatan utama untuk anak AD adalah PELEMBAB. Ini dikarenakan kulit anak AD kering dan bersisik. Dan selama ini aku udah nyobain bermacam2 cream. Kita review satu-satu ya. skin care
1. Apolar desonide
Krim ini dikenal juga dgn ‘obat dewa’ krn keampuhannya. Oles dikit langsung mulus. Tp krn tergolong jenis kortikosteroid,maka penggunaannya utk jangka panjang sangat tdk di rekomendasikan krn krim ini bisa masuk ke dalam darah.
2. Zwitsal baby cream with zinc

sejak lahir kheif pake merek ini. Aku mmg fanatik bgt dgn merek ini. Selain wangi, ada tulisan hypoalergenik-nya juga. Cream ini bagus krn mengandung zinc. harganya terjangkau dan mudah di dapat di apotek maupun supermarket.

3. Physiogel lotion

Aku dpt referensi lotion ini dari temenku yang residen dokter spesialis kulit. lotion ini khusus buat kulit sensitif, alergi, dan AD. Tidak mengandung parfum, zat pengawet, pewarna tambahan,dll. Jadi mmg baunya gak wangi. karena lotion ini produk impor, harganya mmg agak mahal. sekitar Rp, 120,000. Trik aku spy hemat adalah memakainya bergantian dgn Switzal. Kalo setelah mandi pagi pake physiogel, abis mandi sore giliran pake switzal.

4. Ezerra cream

Cream ini juga impor buatan Hoe Pharma, Malaysia. Dia ini pelembab tp ada anti gatelnya juga. untuk ukuran yg cuma bbrp gram cream ini termasuk mahal juga, kurleb Rp, 66,000 di apotek. Karena kecil dan mahal jd kheif pake ini utk di muka aja. *emakpengiritan,hihi*

5. Sebamed baby cream
merek ini juga impor nih. dengan harga yg ga kalah fantastis. tapi yah memang khusus buat kulit sensitif gitu. dan merek ini lebih familiar dan gampang di cari di baby shop dan apotek.

6. Mustela : Stelatopia emolient cream

dan diantara semua cream diatas, ini dia nih juaranya. Mustela ini adalah merek Perancis. Agak susah juga dapetin ini di apotek. Kadang musti pesen dulu. Harganya mmg fantastis Rp 330.000 aja! (-_-‘) tapi sebanding bgt dengan hasilnya yang mengurangi pemakaian cream kortikosteroid macam Apolar desonide dan hidrocortisone smp dengan 75%! Dan krn harganya yg mahal itulah cream ini cuma aku pakaikan ke area kulit kheif yang paling parah,khususnya di kulit muka.

7. Hidrocortisone 2,5%

dalam kelas cream kortikosteroid, jenis ini berada di bawah Apolar desonide. Jadi lebih amanlah dibanding Apolar. Tp krn dosisnya yg lebih rendah, tingkat kemanjurannya juga lebih rendah. Jadi klo AD/eksimnya parah pake apolar, klo msh ringan aku pakein hidrocortison ini.

Selain PELEMBAB, yang harus diperhatikan juga adalah SABUN MANDI. Karena penderita AD ini kulitnya sangat kering, jadi harus hati2 banget milih sabun mandi. Kalo Kheif udh pernah nyobain bermacam2,diantaranya:

1. Switzsal Hair and body

Setelah aku tau klo kheif AD, aku ga pake lagi sabun ini,hehe.

2. Caladine baby soap

tadinya kupikir sabun ini oke buat kulit sensitif macam kheif. tp ternyata malah bikin kulitnya makin kering. so,msk tong sampah lagi.

3. Novas

ini sabun beli di dsa-nya kheif seharga Rp 50.000. produk Filipina yang khusus dipasarkan di dokter anak aja. tp ternyata bikin kulit kering juga. dan akhirnya bernasib sama dgn dua temannya diatas.

4. Lactacyd baby

Akhirnya sekarang kheif pake sabun ini. sabun khusus buat bayi dgn kulit sensitif. gak bikin kering karena gak ada busanya. klo kulitnya ga parah pakainya bisa dgn melarutkan cairan sabun ini di dalam air mandi. tp klo ada bagian kulit yang bermasalah spt eksim AD ini, sabun ini bisa di usapkan langsung ke area kulit.

Selain merek diatas, klo punya duit lebih bisa juga dicoba Sebamed Baby bubble bath dan sabun mandi bayi keluaran Mustela. Konon, kedua sabun ini sangat ciamik untuk perawatan AD. InsyaAllah kalo ada rejeki pengen coba sabun-sabun ini. karena harganya memang ciamik juga, wakwakk.

selain perawatan kulit diatas, harus diperhatikan juga bahwa anak AD ini gak boleh kena AC terlalu dingin, paparan sinar matahari terus menerus, dan air mandi yg tidak terlalu panas. Ac yg dingin dan air mandi yg panas membuat kulit kering sedangkan paparan sinar matahari bikin bayi jd banyak keringat dan tidak nyaman, dan mulai deh acara garuk menggaruk. *alasan ilmiahnya silakan google aja ya, lupa lagi,hehehhehe*

jadi so far, itulah yg baru aku lakuin. Diet makanan pantangan dan perawatan kulitnya. aku berharap bgt eksimnya cepat berkurang, gak tambah banyak, dan gak kebawa sampe gede. Sehat terus ya, sayang..

dan semoga tulisan ini bermanfaat ya buat ibu-ibu lain yang ngalamin hal yang sama dengan aku. aku tau betapa frustrasinya liat bayi kita seperti ini. tapi kita cuma punya dua pilihan. menyesalinya atau melakukan sesuatu. i say we fight it 🙂

54 thoughts on “Perawatan kulit Atopik Dermatitis

  1. mila says:

    hallo mom, samaaa ank ku jg kena AD, aku awalnya gk th, trs cb2 k dokter kulit namanya dr.grace di RS brawijaya W&C, ya puasn sii, trs dikasih cream khusus atopic yg dipake pas klr aja, sama sabun&bodylotion phyisogel. trs sama obat tetes namanya “ozen” di tetesin k muutnya sblm tdr. dalam wkt 1hari aja, bintil2 dimuka anakku (ampe gradakan merah2,kasian bgt, sama dibagian bdn ada eximnya) hilang. skr si aku msh pake smua yg aku blg td, awalnya berat bgttt ngeluarin 700rb hikss..tp demi anak yahh.
    klo aku boleh saran, cb aja mom sekali aja kontrol ama dokter grace.mmng si awalnya mahal, tp unt kream semuanya hampir 2bln br habis.
    dibanding mom cb2 produk, di itung2 kn sm dng kita kontrol hehhe.trs jg kasian si baby.krn dokterku blg, AD ini klo udh brintilan wah gatelll bgt, makanya terkadang si baby jd rewel, ya krn gatel, :(.
    klo bs pencegahan AD itu dmulai dr sekarang mom.jd biar bsr nya insya allah gk kena lg. tp positifnya yg ank kita yg AD, itu IQ nya lbh tinggi lohh hehhe (aku th dr dokternya 🙂 )
    sm ank kita sm2 cpt sembuh y mom.aminn

    • windy syukri says:

      halo mom mila, makasih udah mampir 🙂
      Wah sama dong pake Physiogel. skrg aku lg combine sama buriti-nya body shop krn physiogel-nya sering abis. aku udh telp2 ke bwch juga tp sama sering abis cream n cleanser-nya.
      Alhamdulillah skrg Kheif udah rada mulus, hehe. mudah2an gak balik lagi itu si AD ya :p
      namanya baby nya siapa mom? Moga cepet mulus juga ya :))

  2. Rahmi Pratiwi M., S.Farm. says:

    Dear all Mom,
    Anak ku jg di diagnosis dokter anak Atopic Dermatitis, n udh coba pake Physiogel AI cream. And hasilnya bner2 bagus. Physiogel yg AI cream ni selain mengurangi kemerahan n gatalnya, Physiogel ni pny kemampuan moisturizer yg bagus bgt n bnr2 Hypoallergenic utk baby.
    Emang agak susah sih carinya..btw,kalo bunda2 dsni ada yg butuh Physiogel Cream,Lotion,AI Cream aq knal sm yg marketing nya ni klau mau psen bs dpt hrga special bgt deh..just contact me aj klo berminat yaaa..pokoknya harganya jauh lbh murah drpd d apotik Mom..

  3. sisie says:

    hi mooms yg senasib.. anakku umur 3th10bl malah lg parah2nya niih hiks hiks.. waktu msh 3th aku ga tau kalo anakku menderita AD jadi kalo gatel cuma dibagian bawah mata aja, aku ksh salep elidel 2/3 hari langsung hilang n aku blm ke dokter kulit anak.. eeh pas kesini sini ko’ makin parah gatalnya sampe ke siku tangan,leher n kepala jadi keriing bgt trus aku bawa ke dr grace baru deh dijelasin sakitnya.. sempet shock banget dengernya.. dikasih psiogel n obat minum ozen tiap hari..aku rajin siih minuminnya tapi ko gatelnya seminggu sembuhnya 3 hari doank malah gatelnya sampe ke kaki n badan huaaa tambah stress deh.. ini lagi hunting2 lotion apa yaa yg cucok sambil browsing2 eeh Alhamdilillaah ketemu mamanya kheif yg udah lengkap nih dengan ujicobanya hehehe.. aku mau coba satu2 deh tuh produk, bokek bokek deh yg penting anakku ga terlalu sengsara dgn gatal2nya..hiks kasian kalo liat garuk2 ga tahan apalagi lg masa sekolah aktif2nya.. semoga cepet sembuh ya semua anak2 kita..

    • windy syukri says:

      iya mom semoga cpt sembuh ya AD nya..:)
      jangan lupa di perhatiin makanannya, mungkin ada alergi di makanannya. dan juga AD itu berhubungan dengan imunitas tubuh. Kalo anak fit, insyaAllah AD nya berkurang. Dan pastikan juga gak ada infeksi apa2 spt infeksi saluran kemih. Karen infeksi memperparah AD. HTH

  4. park shin hye says:

    ass..
    aku dah mengidap penyakit AD selama 4 tahun terakhir…
    dah nyoba obt ini itu tp hasilnya kurang memuaskan kira kira physiogel bs dikombinasikan dengan stelatopia emolient nda?

  5. park shin hye says:

    maaf sebelumnya umur saya 17 tahun mau jalan 18 sih hehehehe

    bisa nda sy menggunakan obat diatas?

    wassalam

    • windy syukri says:

      hai..yg dipake sih bukan obat2an. cuma moisturizer aja. utk perawatan sehari2 bayinya sy pakein stelatopia, physiogel dan body butter buriti body shop. tapi klo muncul eksim sy pake salep racikan dokter anak dan sesekali pake apolar.

  6. Aditia says:

    Hai Ibu-ibu, anak saya juga kena AD dan sudah saya bawa ke dokter kulit, dokter menyerakan untuk memberi pelembab Physiogel, memang agak susah carinya. Saya dapat 1 di Apotik Mahakam, untuk Ibu Rahmi Pratiwi M., S.Farm mohon dibantu saya untuk contact person Marketingnya di email didit35@gmail.com , terima kasih Ibu-ibu.

  7. Jasmine Rose says:

    hi mom. .senasib deh kt Bby Mikail jg kena Dermatitis. .dah cb semua produk sebamed mlh kulit jd kering. . .mom tlg ksh tau dimana beli phsyogel sm stelatopia nya sih. . Please. .

  8. Nita says:

    Hai moms smua…..aku mau tanya ciri2 AD gimana sich?mohon sharingnya ya moms….anakku 20bulan, dari kecil kulitnya besisik trutama di kaki tapi dipakein semenjak lotion sebamed kulitnya skrg dah bagus, aku pikir sudah ga ada masalah. Tapi baru 2mgg ini kulitnya bermasalah lagi. Jadi kaki bintil2 merah gt, kyk melenting isi air tp bkn kyk cacar air ya, yg jelas kl liat anakku kyknya gatel bgt. Aku dah ke dokter anak langganan di brawijaya dikasih salep tp ga ada efeknya malah skrg kakinya jadi jelek banget bintik2 item gt bekasnya. Aku kasian liat anakku kulitnya jd jelek, rencananya mau ke dokter kulit di brawijaya, yang bagus apa ya?Apa AD ciri2nya seperti diatas juga moms?tolong sharingnya ya moms,thx

  9. hermione says:

    aku mau nanya nih,apolar desonide itukan golongan korsteroid trus klu kita pakenya gimana caranya?
    apakah klu dah ilang ruamnya diberhentikan?
    trus klu muncul lagi dipake lagi?

    tolong kommentnya ya mba….

  10. Molin says:

    Hai mba, salam kenal ya.. aku temennya Darina, kebetulan baca blog ini alhamdulillah ada pencerahan… Anakku dr umur 2 bulan udah kena AD, dikasih salep alediel sama DSAnya, ilang tapi muncul lagi… Katanya alergi susu sapi, itu juga masih katanya… sampe skrg masih suka muncul aja nih.. Nyari2 stelatopia itu susah banget, aku sampe nelpon ke distributornya di Indonesia katanya emang kosong dan baru ada 2 bulan lagi… Hiks hiks hiks.. kasian bener liat anakku itu pipinya sama lehernya merah2 gatel… bisa minta emailnya ga mba buat sharing… emailku maulina.v@gmail.com. Thx yaa

  11. ummi yassin says:

    makasih mama kheif atas infonya, baby aku umurnya 1 setengah bulan, dan kayanya mengidap penyakit yang sama, merah semua di tangan dan punggunngnya, kmrn dsa nya juga memberi resep phisiogel, tapi muterrr ke apotik sekitar tebet & slamet riadi kosong semua…oh ya, kheif mandi nya pake sabun apa ya??
    buat ibu rahmi, minta info nya donk untuk phisiogelnya, ke email inae_83@yahoo.com.
    terima kasih

  12. lany says:

    Mbak, ozen-nya brp ya dosis nya buat anak 5 bulan? Bales ke emailku ya penting (lany_punya@yahoo.com)

  13. Bunda Dziya & Gavin says:

    untuk Ibu Rahmi Pratiwi, S.Fam, mohon infonya dong untuk membeli physiogel. mohon infonya ke : dyns_k@yahoo.com.
    untuk mama kheif, thanks sharingnya..sangat bermanfaat sekali…anakku juga terkena AD.

  14. ria says:

    alhamdulillah ad tmn shar, anak q kena AD, kasihan banget kalian lihat pipinya yg tembem, tapi bintik merah2. qt dr dokter hanya d ksih crem apolar deesonide cz dulu wktu usia 2 bln parah banget. so klu skrg kecil2 bintiknya jd ngasih cremnya jarang-jarang, krn kasihan efek sampingnya

  15. arin says:

    Artikel yg bagus dan bermanfaat buat saya 😀 lagi cari physiogel juga nih, ternyata memang mahal yah 😦
    Dokterku pernah menyarankan utk cb pakai yg lebih murah, merk jergens.

  16. naomi says:

    thx ya bun untuk info infonya, kata dokter anakku juga kena DA, bahkan 3 dokter yang bilang gt, tapi gak dikasih tau secara detail, cuma dikasih obat, padahal maksud aq, untuk pencegahannya selain menghindari makanan itu apa, soalnya saya baca diatas koq ibur disarankan untuk pake sabun inilah, lotion itulah. dokter aku gak sama sekali. thx ya untuk infonya semua.

  17. tya says:

    mb, skrg DA-nya msh srg kambuh tdk? anak sy juga kena DA, umur skrg udah 3thn 3 bln. Belakangan ini srg kambuh. Sekarang perawatannya kheif gmn mb? tlg di jawab ya mb, butuh pencerahan. email sy : tya.shop25@gmail.com, trmksh sblmnya

    • windy syukri says:

      Hai 🙂
      Smp skrg umur 3th kadang masih ada tp gak separah dulu. Skrg Msh blm Di kasi seafood,Dan makanan pencetus alergi lainnya. Gak visa kena panas Dan keringetan. Pasti langsung gatel2. Plus pake body lotion or cream tiap habis mandi. Kulit ga bole kering. Mudah2an Anak2 sehat terus ya..:)

    • windy syukri says:

      Ezzera itu krim utk ngurangin gatal. Biasanya Klo kulitnya lg normal tiap habis mandi aku pakein baby cream biasa. Baby cream Johnson contohnya. Klo mukanya merah2 n gatel baru pake ezzera. Ezzera juga ada sabun mandinya tp mungkin nyari sabunnya gak segampang nyari cream nya..:)

      • tya says:

        Ok mb, mksh bgt infonya Ɣªª. Klo physiogel or buriti itu utk prwtn sehari2 y mb? Tp nyari buriti kok susah y mb, biasa beli dmn mb? Tlg email dong.

  18. tya says:

    Mustela : Stelatopia emolient cream, mb klo krim ini blh tdk utk wajah? bbrp hr lalu barusan smbuh. skrg mulai mrh2 lagi…:(. mksh ya..

  19. Kandhini says:

    Ibu2 physiogel ak beli di apotik rs.permata cibubur… In bole dpake maintanance ga?

  20. ulil mawaddah says:

    infonya sangat bermanfaat mb. . . klw boleh tau Mustela Stelatopia-nya beli dimana??? saya menderita eksim sudah 20 th mb. . . sedang giat2nya berusaha menjinakkan eksim nieh mb. . .

    mohon infonya y mb. . . 😀

    • windy syukri says:

      Dulu belinya di toko bayi Kasih Ibu (ada di Mal Kelapa Gading 3), tapi tergantuk stok. kadang ada kadak engga.
      Lebih baik di jaga saja kelembapan kulitnya. Bisa dengan physiogel cream atau Noroid Cream.
      Tetap semangat 🙂

Comments are closed.