alergi dan atopik dermatitis

 

my poor kheif. sejak umur 2 bulan, pipi kheif merah-merah. awalnya semua orang bilang biasa kok bayi baru lahir timbul merah-merah di pipi. yang bilang sisa asi lah, bahkan di buku Merawat Bayi 0-12 bulan dr. Suririnah bilang klo timbul bercak merah seperti jerawat pd bayi adalah hal biasa akibat dari bayi masih terpengaruh hormon ibu.

awalnya aku cuekin aja. tapi lama-lama kok makin banyak, dan merah banget hampir di seluruh muka! kasian bgt kheif, kegantengannya jadi tersamarkan *emak narsis*. 

setelah konsultasi bolak balik dengan Oma Is (kakak papaku yang dokter spesialis kulit di Padang), oma is bilang sepertinya kheif alergi. bisa alergi debu atau ac. aku juga di larang makan ikan atau seafood lainnya dulu.

trus aku udh lakuin smua pantangan itu, bersihin ac, kecilin ac, ga makan seafood. tapi kheif tetap saja alergi. bukan cuma bentol merah di kulit, tp juga pilek. sering banget tiap malam kheif ga bisa bobo nyenyak krn hidungnya mampet. Aku sama si papa sedih banget ngeliatnya. Kita gantian gendong dia malam-malam

okay, jadi kheif alergi. karena cuma baru minum asi, jadi opa Am (papaku dsa) larang aku makan makanan yang selama ini dikenal berpotensi besar menimbulkan alergi pada bayi yaitu kacang-kacangan termasuk kacang ijo, tahu tempe, cokelat, susu sapi, keju, yogurt, telur,seafood. hikssss, diet bo! dari semua itu DIET COKELAT dan turunannya adalah yang terberat!!! 😦 Tapi demi anak ya harus ikhlas *sayap peri*

This slideshow requires JavaScript.

dan ternyata, bentol merah bukan sembarang bentol. Tapi eksim sodara-sodara! dan Opa Am dan Oma Is (kakak Opa Am) meng-claim bahwa Kheif adalah anak Atopik Dermatitis. *tentang apa itu AD silakan klik disini *

Jadi kesimpulannya, kheif itu anak alergi. Alergen-nya/penyebabnya belum diketahui, kemungkinan besar adalah makanan yg udh aku sebutin diatas tadi. Dan pemicunya adalah dingin. Jadi klo kheif berada di ruangan dingin berAC, let’s say pagi/siang, maka malemnya idungnya bakal mampet dgn lobang idung penuh dengan upil yang guede guede. Kalo udh gitu kheif bakal rewel banget. Sibuk usap2 idungnya sampe merah. duh, kasian bgt ya anak bayi blm bisa ngupil. bersyukurlah kita bisa ngupil ya,hihi. oya,krn sensitif thd dingin itu aku juga jd rada takut bawa kheif ke mall karena biasanya mall kan dingin banget. walopun udh aku pakein baju sehangat mungkin tp ttp kan idungnya kena paparan dingin AC. *sayangnya ga ada masker buat bayi,ya! hehe*

bukan cuma mampet yg bikin kheif ga nyaman, tapi juga kulit merahnya yg meradang krn AD itu. Di garukkk terus saking gatelnya sampe muka, telinga, kepala baret2 kena garukannya. Karena itu di umur hampir 5 bulan ini kheif masih sering aku pakein sarung tangan.

okay, perawatan apa aja yang aku lakuin buat kheif dan AD-nya tunggu di postingan berikutnya ya. stay tune,peeps!

Advertisements

3 thoughts on “alergi dan atopik dermatitis

  1. wanda says:

    kheif guanteng…kacian gatel garuk2 terus.mama sih kegatelan jadi nurun deh hehehe. alhamdulillah kheif punya mama yg telaten (ga kayak ummi zazi yg sembrono) dan tim medis pribadi (opa am, oma eti & oma is) yg standby tinggal telpon…alergi,jgn sering2 datangin kheif ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s